Nanny 911

Nanny 911 salah satu acara televisi favorit, sampai sekarang. Meskipun akan susah mau lihat episode secara penuh dan teranyar (ini sih masalah gw kenapa kuper ya..) episode nanny british itu kayak magnet tiap sore di metro tv. Segala kesibukan dan kelupaan jadi ilang. Ingetnya nanny doang. Dan gue sempet berfikir punya profesi seperti beliau itu. Profesional dan paham perkembangan psikologis anak. Tegas tapi penuh kasih..

Beberapa hal yang gue inget itu ketika harus berbicara dengan anak

1. Sejajarkan pandangan

Sama orang dewasa aja kita akan lebih nyaman kalau bicara sejajar. Apalagi anak-anak yang harus berbicara dengan orang dewasa.

2. Tegaskan kata-kata bukan berteriak

Jadi katanya. Kalau mau memberi instruksi dan penjelasan. Kita harus tenang, posisi pandangan mata sejajar, kemudian jelaskan dengan kata yang tegas bukan berteriak. Karena dengan teriak dan makian anak susah memahami isi kata-kata. Pandangan mata juga bukan mengancam tapi tegas aja. Nah loo gimana itu? Ya gitu coba dipraktekin depan cermin.

3. Time out

ok dulu gue sanksi ngapain juga anak mau duduk ikutin time out. Dih kalo ga dikunciin dia kabur kali dan semacamnya. Hari ini gue berhasil praktekin itu ke ponakan gue. Karena keaktivannya yang masya allah itu, gw bingung harus gimana. Karena bekal sebagai ibu gue ga punya. Tapi, pelajaran nanny 911 buat Gue lebih pede. Si kakak berhasil diem di suatu tempat di rumah dan itu hal yang luar biasa karena anak ini ga akan berhenti gerak kecuali tidur..

4. Komunikasi dan disiplin

jadi, meskipun dalam keluarga kit harus adakan meeting segaknya seminggu sekali. Apa yang dibicarakan? Ya banyak hal tentang keluarga sebagai tim. Berguna banget deh..

Tapi gimana juga hebatnya tuh nanny ga akan sukses kalo ga didukung peran orangtua. Inget deh salah satu keluarga yang sampe episode berakhir ga berhasil karena si ibu yang ga cooperatif.

Nah nanny 911 ini bekal banget buat gue nanti seandainya berumah tangga dan diizinkan allah punya anak. Dan gue berharap bisa menjadi penerus grandnanny 911 menjadi nanny 212. Yaap nanny dari jaman sebelum masehi hahha.. Wiro sableng. Ya bolehlah sebut saja nanny sableng. Cuma untuk di dapur. Karena kalau untuk anak-anak ga baik so nanny 212 aja yaa.

Update for tonight. Favorite tv show..

Iklan