Tahu diri

Kata ini selalu saya ucapkan dan seringkali menjadi bahan ejekan dengan orang lain. Saya tahu maksud mereka yang selalu mengatakan “tahu diri” dengan nada yang menghina adalah ditujukan untuk saya.

Dengan mudahnya mereka menertawakan kata yang sering saya ucapkan ini karena mereka tidak paham makna dibalik itu.

Dilahirkan dari keluarga “miskin” diantara keluarga lainnya, membuat saya kenyang dikatakan “tidak tahu diri”, “sudah numpang ga tahu diri”, “udah miskin ga tau diri”. Dan mereka tidak tahu yang mengatakan itu adalah nenek saya dan tante saya sendiri. Dengan mulut saktinya. Dan apa yang saya lalui dengan kata “tahu diri” itu. Di saat keponakan lain beristirahat di kamar ber AC milik tante saya, saya harus bekerja mencuci piring sisa arisan keluarga. Mengepel ruangan yang mereka injak-injak. Menyikat kamar mandi jika mereka bilang itu kotor, membuang sampah dll.

Bagaimana dengan mulutnya yang sakti itu nenek saya menghin orang tua saya. Bagaimana tante saya menuduh saya pencuri karena uang di kantong bajunya hilang ketika selesai dicuci. Padahal saya pun salah satu korban yang kehilangan uang di baju seragam karena pekerja yang ga jujur.

Mereka yang mampu akan jarang mendengar “sudah kaya ga tahu diri”, karena itu saya tidak bisa mengalahkan mulut-mulut mereka. Bukan berarti saya mengatakan teman-teman lain ga tahu diri. Saya hanya mengatakan inilah batas kemampuan saya. Teman-teman lain tentu “tahu diri”nya masing-masing. Dan barangkali lebih mulia dibanding diri saya. Oleh karena itu, saya tidak pernah membandingkan diri saya dengan diri orang lain. Karena saya tahu dimana batas kemampuan saya.

Maka, sekali lagi. Jika tahu diri itu menjadi lelucon untuk sebagian orang silakan. Tapi, alangkah bijaksana melihat makna dibalik kalimat yang diucapkan seseorang. Melihat peristiwa apa yang mendasarinya.

Tinggalkan Balasan

