Kebiasaan Tidur

Kebiasaan Tidur

Tanpa kita sadari, sebenernya kita punya kebiasaan yang susah diubah. Salah satunya saat tidur. Okelah ya kalau kebiasaan itu baik. Tapi kalau seperti yang aku alami ini bagaimana? Bukan seperti aktivitas sadar lain yang bisa dibentuk dalam 28-40 hari. Aktivitas tidur ini cukup sulit.

1. Tidur larut

Yaahh, tidur sih oke oke aja jam berapa asal cukup waktu tidurnya. Tapiiii.. Tidur terlalu larut juga ga baik karena ibadah jadi kacau.. Tubuh memang butuh waktu transisi untuk beristirahat. Tapi, waktu yang kubutuhkan cukup lama. Yaah, paling cepat tidur pukul 12 malam. Karena sepertinya otak masih penuh dengan berbagai macam pemikiran. Yang terkadang juga bukan sesuatu yang penting. Itu pun memulai start. Mungkin untuk para pekerja itu hal biasa. Tapi, aku sih ga bisa memangkas waktu tidur.. Makanya ini yang jadi masalah 😁 perlu berjuang keras untuk membentuk kebiasaan itu lagi. Supaya bisa bangun di sepertiga malam. Bukan mulai tidur di sepertiga malam πŸ˜…

2. Bermimpi

Nah, ucapan semoga mimpi indah yang biasa tiap malam teman2 sampaikan sepertinya harus diubah menjadi semoga tidur nyenyak. Karena aku terlalu sering bermimpi. Banyak sekali mimpi. Bahkan kalau memang aku kreatif aku bisa saja membuatnya menjadi banyak buku. Tapi, mimpi-mimpi itu membuatku lelah di pagi hari. Pikiranku seakan terus berputar. Lalu, aku harus bgaimana??? 😭

Berdoa katanya, iya siihh membantu, tapi mimpi seakan ga bisa di setting. Pemikiran itu bisa bertransformasi menjadi jalan cerita mimpi yang menakutkan. Yang beberapa kali bahkan membuat detak jantung semakin hebat, teriakan tengah malam, dan kadang-kadang menangis. Agak berlebihan, tapi rasanya gw bersedia menjadi bahan penelitian huhuhuu.

3. Mengigau

Salah satu bagian dari mimpi adalah ini. Mengigauu!! Iiihhh banyak kejadian memalukan. Beberapa kicauan aku memang akhirnya sadar dan terbangun. Sadar mengigau apa. Tapi, beberapa saat aku ga tahu. Hal ini ga cuma terjadi di rumah 😭 tapi di tempat umm juga. Kereta, bis, huhuhuuu sampe pernah mas-mas samping bangku bilang. “Iih lucu ya kamu. Baru kali ini liat orang mengigau” hiks hiksss malunyaaaaa.. Hmm semoga kebiasaan ini cepet ilang. Aamiin.

Mungkin olahraga teratur, berdoa yang benar, ambil wudhu sebelum tidur, dan dzikir sepanjang malam bisa membantu tidur lebih berkualitas ya? Pasti, cuma aku aja yang belum bisa menerapkan dengan baik. Semoga ya Allah.. Aamiin 😁

Tinggalkan komentar