Mbilung: Prasangka Masyarakat Jawa Transmigran Terhadap Penduduk Lokal Lampung

*Dulu pernah janji posting di blog. Baru keinget sekarang :mrgreen: *

ABSTRAK

Rizky Triana Puspa. F 100 060 198. Mbilung: Prasangka Masyarakat Jawa Transmigran Terhadap Pneduduk Lokal di Lampung. Skripsi. Surakarta. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2011.

            Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang prasangka yang berkembang pada masyarakat Jawa transmigran terhadap penduduk lokal di Lampung dengan luaran pemberian label Mbilung dan dampaknya pada masyarakat Lampung sebagai penyandang label.

            Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Lampung Timur tanggal 17 Nopember-15 Desember 2010. Data Penelitian ini adalah data kualitatif. Data ang berbentuk kata-kata digali dari beberapa sumber sebagai berikut: dokumentasi, rekaman wawancara, dan observasi. Sesuai dengan sumber data, prosedur pengumpulan data dilaksanakan dengan dokumentasi, pengamatan, dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: membuat transkrip wawacara, membaca transkrip, mencari tema untuk pertama kali, menghubungkan tema, meneruskan pada kasus lain, dan penulisan.

Kesimpulan dari penelitian: (1) Masyarakat Jawa transmigran memandang penduduk lokal adalah masyarakat dengan perilaku yang kurang baik, sewenang-wenang, kasar, kurang menerima transmigran, arogan serta malas. (2) Prasangka tersebut bersumber dari pengalaman yang tidak menyenangkan bersama beberapa penduduk lokal dan kemudian digeneralisasikan, penilaian merendahkan mengenai budaya outgroup dan menganggap budaya transmigran (Jawa) lebih baik (ethnosentrisme). (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi prasangka transmigran Jawa adalah pengaruh kelompok, hubungan sosial, dan persepsi (pendidikan dan budaya). (4) Dampak yang dirasakan penduduk lokal adalah adanya perpecahan antara dua kelompok, mempengaruhi interaksi, komunikasi, dan dapat mempengaruhi penerima menjadi negatif. (5) Penduduk lokal tidak menyukai penggunaan label mbilung.

 

Kata kunci: mbilung, prasangka, masyarakat Jawa transmigran, ethnosentrisme.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s