Thank You Pak Alex

Panaaasss panas banget siang ini. Tapi diademin sama kabar dari si Wulan. Hahaha. Ternyata Pak Alex masih iinget akuuu (uuh lebay). hihihi. Tadinya mau nulis tentang stereotyping atau lebih khususnya sih pelabelan pada anak (ok kita tulis tapi nanti setelah emosi bahagia ini meluap dulu 😀 )

Sebenernya udah lama mau nulis tentang perusahaan “satu semester”. Satu semester karena cuma bertahan enam bulan di sana. Tapi ilmunya bisa sampe D1 hehe.. Artinya emang banyak banget ilmu yang dikasih terutama tentang kesehatan dan obat-obatan. Ada banyak trainer di sana. Bu Karimah (meskipun terkesan angker tapi ilmunya subhanallah sekali) I adore her seriously. Kalo dulu orang berlomba-lomba menghindari training beliau, maka si rebel ini yang duluan hadir hehe, semangat banget. Pak Monang yang selalu ceria dan memberikan training khas comic, hehe. Ada lagi timnya Bu Lia (Pak Hexa, Pak Asep, dkk) yang beda 180 derajat, ga ada ketegangan tapi memang pesertanya kebanyakan menurut gw.

Nah satu lagi trainingnya pak Alex. SMART (kepanjangannya sih kalo ga salah Store Manager Advance Training duuh lupa) di kelas ini peserta ga terlallu banyak. Gw yang kala itu bekerja di apotek retail dan ga punya dasar farmasi sama sekali bener-bener diajari dari nol (dan berjenjang). Gw harus belajar dari bagaimana beliau mengemas training menjadi menyenangkan, tepat sasaran, dan terukur hasilnya. Kerasa banget dari setiap training yang diadain oleh perusahaan “satu semester” ini. Yang tadinya ga pede kalo ngadepin costumer apalagi pake acara konsultasi, jadi over pede sampe semua barang ditawarin hehee..

SMART itu paling ideal menurut gw ya, selain kelas yang ga terlalu banyak, tapi juga cukup kondusif. Kalo mau tanya akan dijawab sampe dapet (jangan pernah tanya yang ada di MIMS abis ntar di-bully). Nah, kalo di Tim bu Lia, terlalu banyak orangnya yang ngobrol mah ngobrol, yang merhatiin mah merhatiin. Lain lagi sama Bu Karimah. Inget banget gw cuma nanya sekali, itupun karena dipersilakan bertanya daaaann pertanyaannya ga dijawab pula hahaha.. Katanya bukan saatnya dijawab. ;-D yang buat ideal selain metode dan kuota dalam kelas sudah tentu para SM akan setuju.. Yuups benar! Pak Alex itu sendiri hehe.. Tuhan memang baik, bahkan dalam hadist ada ya yang menyejukkan pandangan salah satunya wajah yang rupawan (ceileee). (haduuhh tundukkan pandangan langsung, takut dosa hehe)

Gayanya yang menarik dan atraktif membuat semangat para trainee. Masih dikatakan sebagai trainer dan trainee katanya masih di level awal. Nanti (yang mana gw ga akan dateng itu) akan ada sesi beliau sebagai konsultan kesehatan dan kita sebagai the real SM. Suaranya yang menggelegar buat jantung gw olahraga. Di ruangan sekecil itu suaranya bisa buat yang ada di kantin denger kali. Pertama sih agak sebel karena emang gw orangnya kagetan. Jujur aja, dulu sempet nangis kalo lagi tidur dikagetin. Atau lagi di kamar dari jendela dikagetin. Jantung gw ini agak sensitif sama suara (No space for screaming, yelling, and —-ing lainnya). Setelah beberapa kali ikut, ternyata jantung ini MASIH TIDAK BISA BIASA, masih aja kagetan. Aah sudah biarlah.

Gw termasuk orang yang rajin mencatat dan rapi dalam mengarsipkan semua materi training (baru sekarang kyanya haha dulu maahh iyuh hehe). Walhasil setelah resign buku-buku gw ga boleh dibawa pulang sebagai kenang-kenangan karena dipinjam oleh sang AA yang lebih membutuhkan (suatu hari akan gw AMBIL :devil: ) Sebernya bukan cuma belajar ilmu farmasi tapi juga belajar bagaimana mengelola, menyiapkan, sampai menyampaikan training. (Ya, salah satu minat gw emang di training. Tawaran dulu pun di perusahan itu untuk training sepertinya namun harus lepas jilbab katanya. hmmm)

Balik lagi. Bukan cuma ilmu farmasi tapi bagaimana menjadi store manager yang baik, yaah dunia retail kan pasti erat hubungannya sama kepuasan costumer (meskipun yang lain juga). Ilmu yang sama pentingnya di luar farmasi pun beliau ajarkan, seperti bagaimana memperkenalkan diri (be professional katanya), bahwa tanggung jawab kita bukan hanya di sales (SALES SALES SALEEESSS!! TIAP HARI DITERIAKIN SAMA AM HAHAHA) tapi bagaimana kita memberikan solusi yang tepat dan pelayanan yang prima. Salah teorinya dengan fish philosophy. Orang yang jualan ikan banyak cuy di pasar. Tapi gimana caranya nih ikan-ikan lo yang dipilih. Trus toko lo yang didatengin duluan. Keunikan apa yang akan lo berikan? (otak gw langsung mikir dong.. dari dulu mikir sih tapi ini menguatkan gitu hihi).

Hingga akhirnya gw ga berfokus (focus focus sama pak Alex lagi hiks hiks, trainng terakhir bikin kangen) pada kelebihan apa yang outlet miliki dan dikembangkan. Senengnya tuh di sini ya (nunjuk hati) waktu orang balik lagi dan bilang.

“saya seneng ke sini mbak, abisnya mbaknya ngerti kalo ditanya, bisa diajak konsultasi”

atau saat bude karimah (nama costumer) datang kasih makanan, minuman, jajanan (aah apa aja bisa dibawain, maklum tetangga hihihi). Atau bude warteg beli barang yang kita tawarin sambil kasih oleh-oleh dari kampung. Atau lagi dikasih duit buat jajan gorengan sama bapak2 yang iiihh itu (ini sih kerjaan AM dan AA). Artinya, ketika kita berarti sesuatu buat mereka, akan ada orang yang datang karena berita baik dan mereka kabarkan. Contohnya

“mbak, saya mau beli obat gatel dong yang harganya 15ribu itu, kata tetangga saya dia langsung sembuh beli di sini”

jackpot!!

Tuh obat gatel bukan hanya nyembuhin doi tapi juga nyembuhin PF outlet hehe..

Jujur sedih juga sebenernya ninggalin tuh kerjaan (Tapi emang harus cari takdir lain hehe. SIAP JURAGAN). Ga ada satu pun training yang ga berkesan. Sampe gw akhirnya sama temen-temen mau mengabadikannya dalam se-jepret-an poto. Hihi, kira-kira Pak Alex mau ga ya??? oopss jangan sedih doi mau loh meskipun dengan agak keberatan kyanya haha. Sempet doi mensyaratkan kalo mau poto harus tunggu sampe training yang kesekian. Tapi Bapaaak umur saya ga panjang (modus) maksudnya umur bersama-sama menimba ilmu sama Bapak.

ok tapi jangan di tag ya, jangan di publish atau dijadiin depe. karena saya orangnya pemalu”

sangsi gw kalo doi pemalu,. Mungkin doi malu poto ama kita hahaa.. whatever yang penting kita poto.

Hasilnya….

PAK ALEX SMART 104

Pak Alex diantara SM-SM yang modus

Ngeblurr ya? Iyalah biar ga jelas banget. Udah janji ga publish (ga kok emang ga, karena kan ini blog juga ga ada pembacanya, trus kan identitas ditutupi hhihii) EEh pada baca ga kertas putih itu tulisannya apa?

photo(1)

thank you pak Alex from the bottom of my broken heart 😀

Hehe centil banget ya gw.. Ya gimana lagi, cuma bisa ucapin terima kasih ini untuk beliau. Ilmunya tentu ga cuma untuk gw di sana tapi juga di tempat lain.. Selain itu pelajaran moral yang beliau berikan juga banyak.

Hey you!! Jangan semata-mata duuiitt yaa.. Hehehe kira-kira begitulah.. Bagaimana akhlak dan menghargai sesama itu juga penting. Cara berkomunikasi. Aah banyaklah ya.. Tepat waktu. (jadi inget nyanyi ga jelas depan trainee lainnya karena lupa ada training walhasil telat dateng. nyanyilaah)

Yah begitulah akhirnya niat nulis tentang Pak Alex pun terwujud sekarang gara-gara si wulan hihi.. Alhamdulillah masih diinget meskipun karena alergi (huhuhuu.. tidak bisakah aku diingat karena sesuatu yang lebih menarik 😥 tapi tak apa hehe.. kebaikan seseorang pasti akan diingat sebagaimana kebaikan beliau dan kesabaran dalam menyampaikan ilmu).

Semangat terus pak Alex!! Semangat terus teman-teman.. Doaku selalu bersama kalian. Ganbarimashoooo!! ::fighting:: *untuk orang spesial lainnya nanti aku tulis juga (lebih aman sih dalam hati)* :* xoxo

Dan tidaklah seseorang melakukan kebaikan, dan kebaikan itu akan datang pada kehidupannya 😉

Tinggalkan Balasan

